Kamis, 09 Maret 2017

Alasan Kejahatan dalam Deep Web Tidak Bisa Diberantas







      Pada artikel sebelumnya kami menjelakan mengenai pengertian Deep web dan Darknet yang berisi konten illegal seperti perdagangan nerkotika, jasa pembunuh bayaran, eksperimen manusia, maupun perdagangan senjata illegal. Jika anda belum mengerti dan membaca mengenai deep web dan darknet silakhan baca Mengenal Deep Web dan Darknet Dunia Tersembunyi Internet.  
          Setelah membaca artikel tersebut banyak teman – teman yang bertanya pada saya “Mengapa para kriminal dapat berbuat kejahatan dan menjual konten illegal dengan bebas dalam deep web? atau “Apakah  polisi cyber tidak mengetahui tentang aktivitas mereka dalam deep web?”  oleh karena itu pada kesempatan kali ini saya akan berusaha menjawab pertanyaan teman – teman diatas. Ada beberapa alasan klasik mengapa konten illegal di deep web tetap bertahan dan seolah – olah tidak terjamah pihak berwajib.

1. Letak Deep web yang Tersembunyi

Seperti yang saya sampaikan pada artikel sebelumnya, salah satu alasan cyber police dan pihak berwajib tidak bisa menangkap para kriminal dalam deep web adalah karena letaknya yang tersembunyi. Selain jaringan onion / TOR masih banyak deep yang ada diluar sana yang tidak diketahui oleh para penegak hukum terutama para cyber police

2. Memerlukan akses khusus untuk masuk deep web



 Deep web dan darknet merupakan situs yang tidak dapat diakses sembarang orang. Untuk masuk dan melihat isi deep web kita diharuskan masuk pada jaringan tersembunyi seperti TOR bahkan ada sebagian deep web yang hanya memperbolehkan ip addres tertentu untuk masuk dan meihat isi situs. Hal ini dilakukan untuk menjaga rahasia situs tersebut agar tidak sampai bocor ke pihak berwajib maupun masyarakat luas.

3. Banyaknya permintaan konten terlarang dan illegal

Bisa dikatakan bahwa deep web merupakan surga bagi para kriminal, pecandu narkoba, pemberontak, teroris, psikopat maupun para pedofil. bisnis konten illegal dalam deep web dapat terus bertahan bahkan berkembang karena banyaknya permintaan dari para penggunanya. sebagai contoh dengan banyaknya konflik di timur tengah dan afrika maka permintaan senjata illegal pada pasar gelap yang ada di dalam deep web pun meningkat tajam. Begitu pula dengan konten lainnya seperti narkoba dan pornografi anak juga mengalami kenaikan karena semakin banyaknya jumlah pecandu narkoba dan penderita pedofil di dunia.


4. Pengguna Deep web sangat ahli dalam bidang IT



Pengguna situs Deep web bukanah orang sembarangan, kebanyakan dari mereka adalah orang - orang yang sangat ahli dan berpengalaman di bidang IT. mereka dapat dengan mudah membuat jaringan tersembunyi, melakukan transaksi dan aktivitas illegal lalu kabur tanpa jejak dengan mudah. Dengan kemapuannya mereka dapat dengan mudah mengecoh para cyber police dengan menggunakan fake ip maupun malware berbahaya.

5. Bisnis Konten Ilegal sangat menguntungkan




Tidak dapat dipungkiri bisnis black market (pasar gelap) dan konten illegal dalam deep web sangatlah menguntungkan. Barang dan konten dalam deep web merupakan konten yang istimewa karena tidak dapat dijumpai dengan mudah di dunia nyata. Karena alasan itulah para pemasok konten illegal dalam deep web seringkali memberikan harga yang sangat mahal dengan alasan "limited edition" . maka tidak heran apabila perputaran uang dalam deep web sangatlah besar yang bisa mencapai trilliyunan dollar. dalam waktu beberapa bulan.. 

6. Sulitnya melacak pengguna Deep web





Dengan kemampuannya para pengguna deep web seringkali mengecoh para cyber police dengan ip addres palsu. untuk mengecoh pihak berwajib mereka membuat semacam aplikasi fake ip sehingga posisi mereka berubah tiap beberapa detik saat dilacak oleh cyber police maupun pihak berwajib lainnya..


7. Dibiarkan oleh pemerintah

Alasan lainnya adalah dibiarkan oleh pemerintah, ada beberapa kasus dimana pemerintah terpaksa membiarkan tindakan kejahatan. Karena apabila  kejahatan itu diusik akan mengakibatkan tindakan kejahatan yang lebih besar. seperti kasus Yakuza di jepang maupun geng narkoba di Amerika selatan. atau ada juga alasan pembiaran oleh negara agar kejahatan itu merusak negara lainnya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakhan berkomentar dengan pantas dan bertanggung jawab, komentar yang dianggap tidak pantas akan dihapus.

Ujian Tengah Semester Mata Kuliah PGRI

Fauzul Adhym Almuhtadyn/158000106/ PGSD 2015B 1.       Guru sebagai seorang profesional membutuhkan organisasi, mengapa? ...